Share di ruang terbuka


Mahasiswa,,,tidak menyangka akhirnya sampai juga pada titik ini, di mana kita bukan siswa/siswi lagi yang masih serba dibimbing dan diarahkan, tapi bukan berarti mahasswa tidak butuh itu, hanya saja sebagai mahasiswa harus mampu mandiri untuk menjadi lebih baik. Dalam hal mata kuliah biasanya dosen hanya menyampaikan sedikit gambaran selanjut kita sebagai mahasiswa dituntut untuk memperdalam dan mengkaji ilmu lebih dalam lagi dengan berbagai referensi yang telah disiapkan. Terkadang ilmu dari dosen itu masih sedikit minim, untuk itu kami perlu mengkaji pembahasan-pembahasan di luar ruang kuliah, misalnya di tempat-tempat yang nyaman untuk bersantai, seringkali kami menggunakan pelataran PSB (pusat sumber belajar) sebagai tempat untuk beradu pendapat sembari menunggu mata kuliah selanjutnya. Sangat sering diantara kami berbeda pendapat dalam diskusi, yah dalam diskusi wajarlah terjadi perbedaan pendapat setiap orang punya pemikiran dan rujukan masing-masing. 

Anggota kami awalnya hanya 4 orang, seiring dengan berjalannya waktu dan apa yang kami lakukan sangat berdampak positif terhadap akademik kami, akhirnya kawan-kawan yang lain juga terbuka hatinya untuk bergabung, diskusi kami santai saja, penuh dengan canda tawa terkadang, tapi tidak lepas dari koridor yang semestinya. Setidaknya alasan kami untuk melakukan kebiasaan berdiskusi di luar kelas agar kami terbiasa untuk berpendapat dan ketika di dalam ruangan setidaknya kami punya bekal ketika beradu pendapat di kelas dan tidak canggung lagi.

Banyak hal positif yang saya pribadi sangat merasakannya, misalnya  saya tidak takut lagi mengajukan pendapat saya ketika ada hal-hal yang mengganjal dipikiran , membuat saya lancar dalam berkomunikasi dan sering sekali setiap diskusi di kelas dosen meminta saya untuk memandu jalannya diskusi, semakin dekat dengan kawan-kawan di kelas dan semakin asyik untuk bertukar pikiran. Saya rasa tidak cukup kalau kita hanya mangandalkan ilmu dari dosen tanpa kita kreatif sendiri untuk menggalinya di luar, yah di luar kita bisa nongkrong di perpus, atau nongkrong di tempat-tempat santai sekitar kampus untuk diskusi ringan.

Sangat asyikk kawan-kawan, coba saja pasti ada hal positif yang nantinya akan didapat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah pemikiran ekonomi

HAK ASUH ANAK PASCA PERCERAIAN (HADHANAH)

Cerita Motivasi